18 April 2024  |  Berita Utama
Oleh : Admin

Sitio-Tio Hilir Pandan, 18 April 2024 - Kegiatan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi mengenai tugas dan fungsi keimigrasian serta tindak pidana perdagangan orang di Desa Sitio Tio Hilir berlangsung dengan baik pada hari Kamis, 18 April 2024. Acara ini dibuka oleh Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Moch. Dede Sulaiman mewakili Kepala Kantor.

Bertempat di halaman Kantor Desa Sitio Tio Hilir, sosialisasi ini diadakan untuk mendorong pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang aspek hukum dan konsekuensi perdagangan manusia. Peserta acara diberikan informasi mengenai tugas dan fungsi keimigrasian dalam mencegah dan meredam kejadian perdagangan orang.

Camat Pandan, Syarifullah menyampaikan dukungan penuh atas terbentuknya Desa Binaan Imigrasi di Desa Sitio-tio Hilir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar masyrakat Desa Sitio-tio Hilir menjadi Desa Pionir dan agen informasi mengenai keimigrasian di Wilayah Kecamatan Pandan

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi dan menghambat kegiatan perdagangan orang di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Masyarakat yang terlibat dalam acara menyampaikan bahwa sosialisasi ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Ryanto Napitupulu selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa upaya pencegahan dan pengawasan terhadap perdagangan orang harus diangkat pada tingkat yang lebih tinggi. Dengan demikian, masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah diharuskan untuk lebih berhati-hati dan membantu kepala polres dalam melaporkan kegiatan perdagangan orang.

Selain sosialisasi ini, Kantor Imigrasi Sibolga juga menyediakan layanan imigrasi yang efektif dan efisien untuk memantau dan mengawasi imigran yang berada di wilayah desa ini. Semoga sosialisasi desa binaan ini dapat memberikan dampak yang besar pada masyarakat dan berperan dalam menjaga kesetaraan dan keamanan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah khususnya di Desa Sitio-tio.